Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) membawa memenangkan penghargaan di kancah Komputerisasi Media Awards Asia 2024.

Gelanggang yang digelar oleh organisasi pers dunia, World Association of New Publisher (WAN-IFRA) ini digelar di Sofitel Kuala Lumpur Damansara, Rabu (24/4/2024).

Pada penyelenggaraan slot deposit 10 ribu tahun ini, Penunjuk.com memenangkan dua klasifikasi penghargaan, yakni Penggunaan AI Terbaik dalam Ruang Redaksi untuk program Lestari, dan Produk Komputerisasi Inovatif Terbaik untuk fitur Baca Kencang.

Masing-masing klasifikasi ini telah sukses memenangkan Gold Winner. Penghargaan diterima oleh Head of Product Penunjuk.com, Friska Fristella.

AI Di Program Lestari

AI dipakai di program Lestari KG Media untuk menyokong akselerasi agenda berkelanjutan (SDGs).

Lestari memang memberi tahu ribuan tulisan berkaitan 17 agenda SDGs tersebut. Tentu ini akan menjadi tantangan bagi regu redaksi untuk menggolongankan tulisan cocok dengan klasifikasi SDGs.

Karena tidak hanya sumber energi manusia, pengklasifikasian ini juga membutuhkan waktu yang cukup lama apabila klasifikasi dilaksanakan dengan sistem manual.

Itu sebabnya, merancang teknologi AI demi efisiensi. AI ini mengautomasi

pengkategorisasian tulisan berasarkan tujuan SDGs dan sentimennya. Para pembaca malahan

hanya perlu memilih klasifikasi di sisi atas tulisan cocok dengan tujuan SDGs yang mereka cari.

Dengan teknologi canggih ini, malahan sukses melaksanakan efisiensi waktu kerja para regu redaksi sebanyak 4.750 jam, 6 penerbit, penyediaan lebih dari 475.000 tulisan, dan kapabel mencapai lebih dari 90 persen kecermatan kategorisasi.

“AI untuk klasifikasi konten ini membikin profesi yang berulang-ulang menjadi jauh lebih efisien,” ujar Senior General Manager Technology KG Media Johnsons.