ekonomi makro

Ekonomi adalah salah satu ilmu sosial lengkap dengan elemen kualitatif dan kuantitatif. Ilmu ini berfokus pada manufaktur, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa juga bagaimana orang, organisasi, pemerintah, dan negara mengalokasikan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan dan jasa ini. Ekonomi sendiri dibagi menjadi dua bagian, yakni makro dan mikro. Kali ini ekonomi makro parlay akan menjadi fokus bahasan. Mulai dari pengertian, tujuan hingga pengaruh ekonomi makro, berikut ini informasi selengkapnya!

Apa itu Ekonomi Makro?

Ekonomi makro adalah studi holistik mengenai kinerja, perilaku, struktur, dan proses penentuan keputusan ekonomi dalam skala nasional. Jenis ekonomi satu ini juga mencakup perubahan dalam Produk Domestik Bruto (GDP) negara, ekspektasi, inflasi, pengeluaran, penerimaan, dan pinjaman pada tingkat pemerintah (kebijakan fiskal), pengangguran, hingga kebijakan moneter.

Langkah-langkah ini dilakukan untuk mengetahui keadaan ekonomi secara keseluruhan, sehingga dapat dirumuskan kebijakan pada tingkat yang lebih tinggi. Singkatnya, pengertian ekonomi makro adalah untuk menganalisis seluruh industri dan ekonomi yang terjadi suatu negara.

Tujuan Ekonomi Makro

Kebijakan ekonomi makro sendiri dilakukan negara dan dilaksanakan oleh pemerintah serta pihak swasta untuk mengatasi masalah yang timbul. Berikut beberapa tujuan pengaruh ekonomi makro yang penting untuk diketahui.

  1. Meningkatkan pendapatan negara

Dengan adanya ekonomi makro, kita bisa mengetahui dengan jelas pendapatan nasional negara. Dari sini, dapat terukur dengan jelas apakah perekonomian negara kita stabil atau tidak. Kebijakan ekonomi yang nantinya akan diambil pun bisa lebih efektif dan efisien.

  1. Mengatasi inflasi

Sebelum mengetahui pengaruh ekonomi makro terhadap inflasi, penting juga untuk mengetahui apa itu inflasi. Inflasi sendiri merupakan proses meningkatnya harga-harga secara umum dan berkelanjutan. Kenaikan harga satu atau dua barang tidak dapat dibilang inflasi kecuali sifatnya meluas atau mengakibatkan kenaikan harga pada barang lainnya. Di sinilah ekonomi makro berpengaruh dalam menentukan harga barang yang beredar di pasaran.

  1. Membuka lapangan pekerjaan

Tingkat pengangguran di dalam negara memberikan dampak yang kurang baik untuk kehidupan sosial dan beban ekonomi negara. Dengan keberadaan ekonomi makro beserta kebijakannya, pemerintah dapat mengurangi pengangguran hingga tingkat full employment. Artinya, pengaruh ekonomi makro mampu membuat pemerintah maupun swasta membuka lapangan pekerjaan.

  1. Menjaga kestabilan ekonomi

Pengaruh ekonomi makro juga dapat dilihat dari keadaan perekonomian kita, apakah stabil atau tidak. Dalam hal ini, stabil bukan berarti kondisi ekonomi di negara selalu tinggi, tetapi mengacu pada kondisi di mana variabel ekonominya fluktuatif, terutama harga komoditi dan tingkat pendapatannya masih tergolong wajar. Kestabilan ekonomi juga dapat dilihat dari kesempatan kerja, kestabilan pada tingkat harga barang secara umum, sampai tingkat pendapatan masyarakatnya.

Pengaruh ekonomi makro pada bisnis dan kehidupan

Apakah ada pengaruh ekonomi makro pada bisnis dan kehidupan? Tentu saja, apalagi ekonomi makro berkaitan dengan negara, tentunya akan ada dampak tertentu terhadap bisnis dan kehidupan. Pertama, ekonomi makro mampu memengaruhi pertumbuhan ekonomi. Dengan adanya kebijakan-kebijakan yang tercipta berdasarkan ekonomi makro, otomatis pertumbuhan ekonomi juga akan berpengaruh.

Begitu juga dengan tenaga kerja. Pengaruh ekonomi makro dapat membuat pemerintah atau swasta membuka lapangan pekerjaan baru. Belum lagi dengan kebijakan-kebijakan penting yang akan berpengaruh pada perhitungan gaji, tunjangan, sampai pemotongan pajak dari upah para pekerja. Sedangkan di sisi kehidupan, pengaruh ekonomi makro bisa dilihat dari kestabilan harga barang yang beredar di pasaran. Terakhir, pengaruh ekonomi makro juga dapat berimbas pada keputusan membuat bisnis.

Jika kamu masih penasaran dengan seluk-beluk ekonomi makro, maka kamu bisa mempelajarinya lebih dalam lewat program Business Management di BINUS ONLINE LEARNING. Menerapkan sistem pembelajaran 100% online, kuliah BINUS ONLINE LEARNING menawarkan waktu yang fleksibel sehingga cocok untuk dijalani sambil bekerja atau berbisnis.

Baca Juga : https://beavercreekbuffalo.com/mengenal-lebih-dekat-tentang-ekonomi-syariah-di-indonesia/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *