Tren Teknologi 2024 Menurut Gartner
Gartner merilis top 10 tren teknologi strategis 2024 yang akan berpengaruh pada perkembangan dan strategi bisnis. Tren teknologi terupdate ini diinginkan dapat memberikan skor bagi lingkungan bisnis secara internal dan eksternal. Apa saja kesepuluh tren teknologi hal yang demikian? Berikut penjelasan lengkapnya.

1. AI Trust, Risk, and Security Management (AI TRiSM)

AI TRiSM ialah serangkaian solusi untuk mengidentifikasi slot qris dan memitigasi risiko model dan aplikasi AI secara proaktif. Tren ini akan membantu perusahaan dalam mengintegrasikan tata kelola dikala menggunakan atau memproduksi model dan aplikasi AI sejak tahap permulaan, untuk memutuskan bahwa cara AI memenuhi hukum kepatuhan, adil, agile, dan dapat melindungi privasi data.

AI TRiSM terdiri dari empat pilar, ialah Explainability/Model Monitoring, ModelOps, AI Application Security, dan Privacy. Kecakapan AI TRiSM diperlukan untuk menunjang hasil yang lebih baik berkaitan adopsi AI, termasuk untuk mencapai tujuan bisnis dan memutuskan dapat diterima dengan baik oleh pengguna. Solusi ini dapat dipertimbangkan sebagai serangkaian cara yang lebih tepat sasaran dalam membangun perlindungan adopsi AI yang kian meluas.

2. Continous Threat Exposure Management (CTEM)
Ancaman siber tentu menjadi momok mengerikan bagi bisnis. Tapi demikian, Gartner memprediksi bahwa ke depannya diperlukan komitmen untuk menyelesaikan dan mengelola potensi keterpaparan ancaman siber yang dapat mengancam keberlangsungan bisnis.

Tren CTEM erat kaitannya dengan meningkatkan keperluan untuk mengotomatisasi kontrol dan pengaplikasian patch keamanan sebagai strategi untuk mengurangi paparan di masa depan. Tren ini secara aktif akan memprioritaskan apa bahkan yang paling mengancam bisnis.

CTEM dapat diterapkan melalui lima langkah, mulai dari cakupan paparan keamanan siber, mengembangkan progres inovasi aset dan profil risiko, memprioritaskan ancaman yang paling mungkin dieksploitasi, memvalidasi cara kerja serangan dan cara cara bereaksi, sampai memobilisasi progres dan SDM untuk memutuskan regu dapat mengurangi semua hambatan.

3. Sustainable Technology
Ini ialah tren strategis teratas Gartner, sebab dianggap sebagai kerangka solusi komputerisasi yang dapat memberikan pengaruh signifikan kepada lingkungan, sosial, dan tata kelola (Environtment, Social, dan Good Governance/ ESG) perusahaan dan pelanggan. Sustainable Technology kian penting untuk mengembangkan tarif, daya kerja energi, dan pemanfaatan aset untuk memutuskan praktik bisnis yang bertanggung jawab, sekalian memfasilitasi model bisnis baru dan produk berbasis teknologi untuk melayani pelanggan dengan lebih baik.

Sustainable Technology diprediksi dapat menciptakan kesempatan penting bagi tiga aspek. Mulai dari operasional IT internal yang dapat memberikan hasil maksimal dengan sumber energi minim, operasional bisnis secara keseluruhan termasuk transparansi ppraktik pengadaan sampai pengurangan emisi, dan operasional pelanggan berupa produk dan layanan yang dapat mencapai tujuan keberlanjutan mereka.

4. Platform Engineering
Tren ini ialah salah sau pendekatan teknologi baru yang dapat mempercepat penyampaian aplikasi dan hasil bisnis. Platform engineering dapat meningkatkan pengalaman dan produktivitas developer dengan menyediakan kesanggupan layanan mandiri melalui operasional infrastruktur secara otomatis.

Pada 2026, sekitar 80 persen perusahaan rekayasa software raksasa akan menyusun regu platform engineering sebagai penyedia layanan, komponen, dan alat yang dapat diterapkan kembali untuk pengiriman aplikasi. Tren ini pada walhasil dapat menyelesaikan masalah utama berkaitan ekrja sama antara developer software dan operator.

“Platform engineering timbul sebagai respons kepada meningkatnya kompleksitas arsitektur software modern. Saat ini, end user yang bukan seorang ahli sering dipinta untuk mengoperasikan serangkaian layanan ‘misterius’ yang rumit. Untuk membantu mengurangi hambatan hal yang demikian, perusahaan kemudian berpikiran maju dengan membangun platform yang menjembatani end user dan layanan penyokong yang mereka andalkan,” ujar Paul Delory, VP Analyst Gartner.