Jakarta Lapor pajak online yaitu salah satu penemuan kreatif yang ditawarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) terhadap harus pajak pribadi. Dalam era komputerisasi seperti kini ini, harus pajak dapat melaporkan SPT Tahunan secara online, dengan menerapkan alat elektronik seperti HP.

Lapor pajak online mempunyai banyak keuntungan salah satunya lebih praktis dan efisien. Sepatutnya pajak tak perlu lagi datang ke kantor pajak, untuk mengurus pengisian formulir SPT Tahunan. Cukup dengan mengakses aplikasi atau web yang disediakan oleh DJP, harus pajak dapat melaporkan pajak mereka kapan saja dan di mana saja, asalkan terhubung dengan dunia maya.

Lapor pajak online juga lebih cepat dan cermat. Dengan alat elektronik yang dimiliki hampir tiap-tiap orang, harus pajak dapat seketika mengisi formulir SPT Tahunan dengan cepat dan mudah. Bahkan bermacam perhitungan yang kompleks, juga dapat dikerjakan secara otomatis oleh sistem.

Berikut ini sistem lapor pajak online yang rangkum dari bermacam sumber, Rabu (15/5/2024).

Buat e-FIN dan Aktivasi

Sebelum mengawali proses lapor pajak online, ada sebagian hal yang harus dipersiapkan terpenting spaceman slot dulu. Salah satu prasyarat penting yaitu memperoleh Electronic Filing Identity Number (e-FIN). Berikut yaitu langkah-langkah terperinci untuk mendapatkan e-FIN:

1. Langkah pertama yaitu mengunjungi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat. Hal ini penting karena e-FIN hanya dapat didapatkan secara seketika di KPP. Pastikan kau datang pada jam operasional KPP.Dokumen yang Sepatutnya Dibawa

2. Dikala mengunjungi KPP, pastikan kau membawa sebagian dokumen penting sebagai prasyarat untuk mendapatkan e-FIN. Dokumen-dokumen hal yang demikian mencakup:

Kartu Nomor Pokok Sepatutnya Pajak (NPWP).
Kartu identitas diri seperti Kartu Pedoman Penduduk (KTP)
Surat Izin Mengemudi (SIM) atau Paspor.
Pastikan kartu identitas yang dibawa masih berlaku dan pantas dengan data yang terdaftar di NPWP.
3. Sesampainya di KPP, kau akan diberi arahan untuk mengisi formulir pengajuan e-FIN. Formulir ini memuat informasi dasar seputar data diri dan NPWP kau. Isi formulir hal yang demikian dengan lengkap dan benar, untuk menghindari kekeliruan dalam proses pengajuan.

4. Sesudah mengisi formulir dengan benar, serahkan formulir hal yang demikian terhadap petugas di Seksi Pelayanan KPP. Petugas akan memverifikasi data yang kau berikan dan memproses pengajuan e-FIN.P

5. Pengerjaan penerbitan e-FIN umumnya memakan waktu paling lambat satu hari kerja. Sesudah e-FIN diterbitkan, kau dapat mengambilnya seketika di KPP atau akan dikirimkan melewati surel bila kau memberikan domisili surel yang valid.

Aktivasi Akun di Web Pajak
Sesudah mendapatkan e-FIN, langkah selanjutnya yaitu mengaktifkan akun kau di web pajak untuk dapat melanjutkan pelaporan pajak secara online. Aktivasi akun yaitu langkah penting untuk memutuskan bahwa kau dapat menerapkan sistem e-Filing dengan lancar. Berikut yaitu langkah-langkah untuk mengaktivasi akun:

1. Pastikan kau mempunyai domisili surel yang aktif dan nomor telepon seluler yang akan dipakai. Domisili surel ini akan dipakai untuk mendapatkan link aktivasi, sementara nomor telepon seluler akan mendapatkan kode aktivasi dari server e-Filing.

2. Buka peramban web dan kunjungi web legal e-Filing di domisili efiling.pajak.go.id. Web ini yaitu portal legal untuk pelaporan pajak secara online.

3. Pada halaman depan web e-Filing, lihat ke bagian kanan atas dan cari tombol “Registrasi”. Klik tombol hal yang demikian untuk mengawali proses registrasi akun baru.

4. Pada halaman registrasi, kau akan dipinta untuk memasukkan sebagian data penting, antara lain:

Nomor Pokok Sepatutnya Pajak (NPWP).
Kode e-FIN yang sudah kau dapatkan dari KPP.
Domisili surel yang aktif.
Nomor telepon seluler yang aktif.
Kata untuk akun e-Filing kau. Pastikan kata kunci yang kau pilih kuat dan aman.
5. Sesudah memasukkan data hal yang demikian, isi kode keamanan (captcha) yang tersedia, lalu klik tombol “Daftar”.

6. Sesudah sukses mendaftar, kau akan mendapatkan surel berisi link aktivasi. Buka surel hal yang demikian dan klik link aktivasi untuk mengaktifkan akun e-Filing kau.

7. Jikalau kau belum mendapatkan surel aktivasi, kembali ke halaman registrasi dan pilih tombol “Kirim Ulang Tautan Aktivasi”.