tim nasional sepak bola prancis

Juara bertahan Timnas Prancis akan ditantang Argentina pada partai final Piala Dunia 2022, Minggu (18/12/2022) pukul 22.00 WIB. Pertandingan Prancis vs Argentina ini akan digelar di Lusail Iconic Stadium.

Les Bleus menyambangi Qatar dengan status juara bertahan. Empat tahun silam di Rusia, mereka tampil sebagai kampiun Piala Dunia 2018 usai membuat Kroasia patah hati di babak final.

Pencapaian itu merupakan pencapaian terbaik kedua mereka setelah pada 1998 juga sukses mengukir sejarah pertama di negara sendiri. Mereka juga pernah menjadi runner-up pada Piala Dunia 2006 dan peringkat ketiga pada edisi 1958 serta 1986.

Ditilik dari materi pemain, Prancis sungguh mengerikan. Nama-nama beken macam Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, dan striker gaek Olivier Giroud masih mengisi lini depan Prancis.

Piala Dunia 2022 juga bakal menjadi panggung istimewa bagi pemain muda Prancis. Mereka adalah Aurelien Tchouameni, William Saliba, Ibrahima Konate, hingga Matteo Guendouzi. Tak menutup kemungkinan, salah satu dari mereka bisa mengulang pencapaian Mbappe sebagai Pemain Muda Terbaik Piala Dunia 2018.

Profil Pemain Bintang: Kylian Mbappe

Dia punya semua syarat yang dibutuhkan sebagai seorang bomber. Cepat, kuat, liat, dan jago tembak. Tak ada yang membantah, Kylian Mbappe merupakan salah satu striker mematikan saat ini. Bagi Prancis, anak muda 23 tahun ini adalah aset yang paling berharga.

Wajar, kalau sang pelatih, Deschamps, menyanjung pilar Paris Saint Germain itu setinggi langit. “Prancis akan sangat lebih baik dengannya,” kata Deschamps.

Empat tahun di Rusia, Mbappe tampil luar biasa. Dia tak hanya membawa Prancis memenangkan Piala Dunia 2018, tampi juga didapuk sebagai Pemain Muda Terbaik. Saat itu dia masih berusia 19 tahun.

Mbappe siap tampil habis-habisan demi ambisi Prancis mempertahankan gelar. “Kami akan pergi ke Qatar dengan satu tekad untuk kembali juara,” tandasnya.

Profil Pelatih: Didier Deschamps

Materi pemain oke, pelatih pun oke. Siapa yang tak kenal Deschamps? Namanya harum. Prestasi yang sudah dia toreh membuat semua orang kagum. Di pentas Piala Dunia, Deschamps sosok istimewa.

Dalam kapasitas sebagai pemain, dia ikut memenangkan Piala Dunia 1998. Itu merupakan gelar pertama Les Blues di pentas terakbar empat tahunan. Lalu, di Piala Dunia 2018, legenda Juventus yang kini berusia 53 tahun itu sukses pula menjadikan Prancis menjadi tim terkuat di Rusia.

Di Qatar nanti, dukungan penuh mengalir kepada Deschamps. Juru taktik yang sukses memadukan pemain muda dan pemain senior itu diyakini bisa mempertahankan gelar, meski harus bersaing dengan tim-tim unggulan lainnya seperti Brasil, Jerman, Argentina, Belgia, dan Belanda.

“Saya yakin, Prancis bisa (kembali) memenangkannya,” tandas Marcel Desailly, legenda Prancis.

Skuat Timnas Prancis untuk Piala Dunia 2022

  • Kiper: Alphonse Areola, Hugo Lloris, Steve Mandanda
  • Bek: Lucas Hernandez, Theo Hernandez, Axel Disasi, Ibrahima Konate, Jules Koundé, Benjamin Pavard, William Saliba, Dayot Upamecano, Raphael Varane
  • Gelandang: Youssouf Fofana, Eduardo Camavinga, Matteo Guendouzi, Adrien Rabiot, Aurelien Tchouameni, Jordan Veretout
  • Penyerang: Kingsley Coman, Ousmane Dembele, Antoine Griezmann, Olivier Giroud, Kylian Mbappe, Marcus Thuram, Randal Kolo Muani

Jadwal Pertandingan

Selebrasi penyerang Prancis, Olivier Giroud usai mencetak gol ke gawang Inggris pada babak perempat final Piala Dunia 2022, Minggu (11/12/2022) WIB. (c) AP Photo/Christophe Ena

Selebrasi penyerang Prancis, Olivier Giroud usai mencetak gol ke gawang Inggris pada babak perempat final Piala Dunia 2022, Minggu (11/12/2022) WIB. (c) AP Photo/Christophe Ena

Rabu, 23 November 2022

  • Prancis 4-1 Australia (Al-Wakrah Stadium)

Sabtu, 26 November 2022

  • Prancis 2-1 Denmark (Stadium 974)

Rabu, 30 November 2022

  • Tunisia 1-0 Prancis (Education City Stadium)

Minggu, 4 Desember 2022

  • Prancis 3-1 Polandia (Babak 16 besar, Al Thumama Stadium)

Minggu, 11 Desember 2022

  • Inggris 1-2 Prancis (Perempat final, Al Bayt Stadium)

Kamis, 15 Desember 2022

  • Prancis 2-0 Maroko (Semifinal, Al Bayt Stadium)

Minggu, 18 Desember 2022

  • Argentina vs Prancis (Final, Lusail Iconic Stadium)

Baca Juga : https://beavercreekbuffalo.com/timnas-indonesia/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *