teknologi pendidikan

Sebelum kita membahas tentang program studi teknologi pendididikan. Mari kita bahas terlebih dahulu apa itu teknologi pendidikan.

Teknologi Pendidikan merupakansalah satu cabang ilmu pendidikan. Definisi teknologi pendidikan disampaikan oleh AECT (Association of Educational Communication and Technology) sebagai berikut :

Kalimat yang digunakan merupakan kalimat sederhana namun memiliki arti yang sangat berpengaruh terhadap eksistensi Teknologi Pendidikan. Teknologi Pendidikan didefinisikan sebagai suatu teori dan praktek tentang proses dan sumber untuk belajar. Definisi ini menunjukkan bahwa Teknologi Pendidikan sebagai bidang garapan dan profesi yang didukung oleh teori dan praktek dalam bidang pendidikan. Selain itu, definisi yang dikemukakan merumuskan kawasan Teknologi Pendidikan menjadi lebih sempurna mencakup : desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan evaluasi.

Jadi, kita tahu bahwa teknologi pendidikan itu suatu bidang garapan dan profesi yang berlandaskan teori dan etika praktik dalam suatu usaha untuk memfasilitasi belajar dan meningkatkan kinerja melalui proses desain, pengembangan pemanfaatan, pengelolaan dan evaluasi terhadap proses dan sumber belajar yang relevan guna meningkatkan pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien.

Bagaimana menurut kalian? Apakah kalian memahami apa saja dan bagaimana yang akan kalian pelajari selama berada di program studi teknologi pendidikan itu

Perkembangan teknologi yang begitu pesat beberapa tahun belakangan membawa dampak nyata di segala bidang, termasuk pendidikan. Saat ini, telah banyak sekolah maupun kampus yang berlomba-lomba untuk memanfaatkan teknologi dalam proses belajar mengajar. Hal ini kemudian melahirkan satu bidang studi yang khusus mempelajari gabungan dari teknologi dan pendidikan.

Berkaitan dengan hal itu, untuk kamu yang sedang bingung memilih jurusan kuliah, jurusan Teknologi Pendidikan bisa menjadi pilihan. Terlebih jika kamu sedang mengajar, dan sangat up to date dengan dunia teknologi.

Lalu apa sebenarnya jurusan Teknologi Pendidikan itu? Apa saja yang dipelajari, dan bagaimana prospek kerjanya? Temukan jawabannya di artikel berikut

Apa itu Jurusan Teknologi Pendidikan?

Jurusan teknologi Pendidikan adalah salah satu bidang studi yang menyelidiki proses menganalisis, merancang, mengembangkan, menerapkan, dan mengevaluasi lingkungan instruksional, bahan pembelajaran, peserta didik, dan proses pembelajaran dalam rangka meningkatkan belajar mengajar. Jurusan ini berfokus pada pengembangan kurikulum pendidikan dan pemanfaatan teknologi bagi dunia pendidikan.

Jurusan teknologi pendidikan tergolong sangat penting karena dapat membantu tenaga pendidik untuk mengintegrasikan teknologi dan alat baru ke dalam kelas mereka. Di jurusan ini, kamu akan dibekali dengan pemahaman tentang kurikulum sehingga kamu bisa menjadi lulusan yang mampu menyiapkan solusi dan mengembangkan kurikulum yang cocok bagi pendidikan di Indonesia dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada.

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Teknologi Pendidikan?

Umumnya, jurusan teknologi pendidikan mempersiapkan setiap mahasiswanya untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional dan dapat memanfaatkan teknologi. Di jurusan ini kamu akan belajar mengeksplor dan menggunakan alat digital, mengembangkan keterampilan pedagogis, menyusun strategi ruang kelas, dan mempelajari cara mendukung pendidikan melalui teknologi.

Dengan kata lain, jurusan teknologi pendidikan akan mengajarkan kamu cara memanfaatkan teknologi, baik hardware maupun software untuk memfasilitasi pembelajaran yang efektif. Teknologi Pendidikan meliputi penggunaan pembelajaran online (atau e-learning), pembelajaran mobile, pembelajaran multimedia, pelatihan berbasis komputer (CBT), dan sistem manajemen pembelajaran (LMS).

Beberapa mata kuliah yang akan kamu temui di jurusan teknologi pendidikan antara lain:

  • Teknologi Pendidikan
  • Media pembelajaran
  • Strategi Pembelajaran
  • Pengantar Kurikulum
  • Profesi Teknologi Pendidikan
  • Desain Pembelajaran
  • Statistik Pendidikan
  • Pengembangan Belajar Online atau E-learning
  • Inovasi Pendidikan

Kenapa Kamu Harus Memilih Jurusan Teknologi Pendidikan?

1. Kebutuhan Teknologi yang Selalu Berkembang

Kemajuan teknologi yang begitu pesat selama bertahun-tahun telah berdampak pada setiap bidang kehidupan. Teknologi menjadi lebih mudah diakses, sehingga telah mempengaruhi ke setiap bagian kehidupan kita dan, sebagai hasilnya, sekarang kita berharap setiap perangkat yang kita gunakan memiliki teknologi yang secanggih mungkin, termasuk dalam dunia pendidikan

Sekolah juga telah menerapkan teknologi sebagai bagian integral dari proses pendidikan mereka. Oleh karena itu, penggunaan teknologi pendidikan menjadi penting bagi pelajar saat ini karena menawarkan mereka kesempatan untuk belajar dengan kecepatan yang jauh lebih cepat daripada jika mereka tidak menggunakan alat dan program tersebut. Ini menjadi alasan pertama mengapa kamu harus memilih jurusan teknologi pendidikan.

2. Belajar Dunia Pendidikan dan Teknologi Secara Bersamaan

Jurusan Teknologi Pendidikan mempersiapkan kamu untuk dapat memanfaatkan teknologi di kelas. Program-program ini dapat berfokus pada integrasi teknologi, pembelajaran jarak jauh, pengajaran dengan bantuan komputer, dan pengalaman belajar yang efektif.

Jurusan ini menekankan cara baru dalam bertindak dan berpikir tentang integrasi teknologi di dalam kelas. Kamu akan memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk mendukung pembelajaran berbasis teknologi dan untuk memberikan bantuan pengembangan guru kepada pendidik Kamu akan belajar mengeksplorasi cara memaksimalkan pembelajaran siswa, merancang lingkungan belajar, dan mengintegrasikan teknologi ke dalam kurikulum.

3. Mengasah Kreativitas

Di jurusan teknologi pendidikan, kamu tidak hanya mendapatkan pengetahuan tentang teknologi dan dunia pendidikan saja. Namun, kamu juga akan belajar melatih kreativitas kamu dengan membuat media pembelajaran berbasis teknologi. Seperti fotografi, editing foto, video, dan videografi karena kamu dituntut untuk mampu membuat konten pelajaran yang ideal.

4. Beragam Pilihan Karir

Kebutuhan akan tenaga ahli teknologi pendidikan yang berkualitas akan terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi dalam setiap aspek kehidupan. Hal ini membuat setiap lulusan jurusan Teknologi Pendidikan memiliki dampak pada proses pembelajaran dan pengembangan teknologi, khususnya di dunia pendidikan. Lulusan jurusan Teknologi Pendidikan memiliki cakupan pekerjaan yang luas dan relevan dengan berbagai bidang karir. Kamu dapat memenuhi syarat untuk mencari pekerjaan di lembaga pendidikan tinggi, berbagai lembaga pemerintah, perusahaan, dan organisasi non-profit.

Prospek Kerja Jurusan Teknologi Pendidikan

1. Tenaga Pendidik

Profesi satu ini bisa dibilang menjadi salah satu profesi yang akan menjadi pilihan untuk kamu yang lulus dari jurusan Teknologi Pendidikan. Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang didapat selama belajar di jurusan ini, kamu akan mampu menjadi seorang tenaga pendidik yang dibutuhkan di era teknologi saat ini.

2. Spesialis Teknologi Pendidikan

Profesional yang berpengalaman dalam teknologi pendidikan dapat menawarkan perspektif penting bagi pendidik, administrator, dan pembuat kebijakan. Sebagai seorang Spesialis Teknologi Pendidikan, kamu dapat membantu sekolah dan guru mensintesis konten multimedia dengan platform Web, merancang kurikulum online, mendukung pengguna perangkat individual, dan mengetahui alat dan metode yang muncul.

3. Desainer Instruksional

Dalam konteks pembelajaran, Desainer Instruksional dapat diartikan sebagai seseorang yang bertanggungjawab untuk melakukan proses yang sistematis untuk memecahkan persoalan pembelajaran melalui proses perencanaan bahan-bahan pembelajaran beserta aktivitas yang harus dilakukan, perencanaan sumber- sumber pembelajaran yang dapat digunakan.

Sebagai Desainer Instruksional, kamu akan bertugas membantu guru atau tenaga pendidik untuk mempelajari dan menerapkan teknologi pendidikan di kelas atau sekolah. Kamu akan membuat presentasi dan rekomendasi tentang teknologi pendidikan dan bagaimana itu dapat diterapkan pada situasi tertentu.

4. Konsultan Teknologi Akademik

Keahlian dalam teknologi pendidikan dapat bermanfaat untuk semua sekolah. Sebagai seorang konsultan teknologi akademik, kamu akan bertugas untuk memberi saran kepada sekolah dan departemen pendidikan tentang teknologi terbaik untuk kebutuhan mereka, sesuai dengan perkembangan dan tren teknologi saat ini.

5. Software Developer

Berbeda dengan software developer pada umumnya, di sini kamu akan berfokus untuk mengembangkan aplikasi dan teknologi yang berguna untuk pembelajaran. Kamu akan bertugas untuk membuat program yang memecahkan masalah, menawarkan dukungan, atau menghibur.

Dengan kata lain, dalam teknologi pendidikan, para profesional ini biasanya memfokuskan sebagian besar pekerjaan mereka pada pembuatan konsep dan pembuatan program perangkat lunak yang dapat membantu sekolah untuk mengajar siswa mereka.

Rekomendasi Kampus Terbaik dengan Jurusan Teknologi Pendidikan

Untuk kamu yang punya mimpi berkuliah di jurusan Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Semarang (UNNES) bisa menjadi pilihan. Jurusan Teknologi Pendidikan UNNES berada di bawah Kurikulum dan Departemen Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dan telah terakreditasi A (Sangat Baik).

Terdapat tiga konsentrasi di jurusan ini, yaitu pengembangan kurikulum dan pembelajaran, pengembangan teknologi pembelajaran, dan pendidik dan staf pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Multimedia.

Jurusan Teknologi Pendidikan UNNES memiliki sumber daya manusia yang berkualitas dalam membantu siswa, menguasai pengetahuan dan keterampilan untuk unggul sebagai pengembang kurikulum, teknologi pendidikan, pengajar multimedia, dan peneliti teknologi kurikulum dan pendidikan.

Selain itu, jurusan teknologi pendidikan juga didukung oleh berbagai fasilitas untuk membantu kamu dalam proses pembelajaran. Misalnya laboratorium untuk melatih siswa dalam menguasai teori dan keterampilan sebagai teknolog pendidikan, seperti fotografer, sinematografi, desainer grafis, dan penyiar.

Tak hanya fokus dalam pendidikan formal saja, di sini kamu juga diberikan kesempatan untuk mengembangkan diri dalam organisasi dan komunitas siswa, seperti Asosiasi Mahasiswa, Dewan Perwakilan Mahasiswa, Asosiasi Mahasiswa Pecinta Alam (GamaTePeta), Komunitas Sinematografi dan Fotografi, Komunitas Desain Grafis, dan Klub Karya Ilmiah. Menarik bukan?

Berkuliah di Jurusan Teknologi Pendidikan dengan Danacita

Untuk kamu yang bercita-cita untuk melanjutkan pendidikan di jurusan Teknologi Pendidikan, sekarang kamu bisa mewujudkan mimpi kamu dengan Danacita. Danacita merupakan platform yang memberikan solusi pembiayaan pendidikan bagi pelajar, mahasiswa, maupun tenaga profesional untuk menempuh studi di lembaga pendidikan tinggi dan lembaga kursus. Danacita hadir untuk menjembatani kebutuhan biaya pendidikan di Indonesia, dengan program pembiayaan yang terjangkau.

Saat ini, Danacita telah bekerjasama dengan UNNES untuk membantu kamu berkuliah di jurusan Teknologi Pendidikan. Kerjasama ini dilakukan dengan memberikan solusi pembiayaan pendidikan terjangkau untuk mahasiswa sehingga mereka bisa membayar mulai 6 hingga 24 bulan.

Melalui program cicilan Danacita ini, kamu dapat fokus untuk menempuh pendidikan kamu di jurusan Teknologi Pendidikan UNNES tanpa harus mengalami kendala dalam melakukan pembayaran biaya kuliah setiap semesternya. Apalagi keamanan data pengajuan kamu di Danacita terjamin keamanannya karena Danacita telah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta tersertifikasi ISO 27001.

Lebih lanjut, selain dengan UNNES, Danacita juga sudah bekerjasama resmi dengan lebih dari 130 institusi pendidikan di seluruh Indonesia. Prosesnya juga cepat dan mudah secara online dengan maksimal 2 hari kerja tanpa dibebankan DP, uang jaminan atau biaya lainnya.

Untuk info selengkapnya bisa lihat di sini atau jika ingin mulai mengajukan bisa klik melalui website atau app danacita.

Baca Juga : https://beavercreekbuffalo.com/konsep-teknologi-ramah-lingkungan/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *