zelensky dan prabowo

Presiden Volodymyr Zelensky melakukan panggilan telepon https://www.amysindoorplayground.com/ bersama dengan Presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto terhadap 18 Maret, sesudah mantan jenderal berikut mengklaim kemenangan di dalam pemilu terhadap 14 Februari. Zelensky mengucapkan selamat kepada Prabowo atas kemenangannya dan “menyatakan harapan untuk melanjutkan jalinan bilateral saling menguntungkan.”

Selain itu Zelensky mengakibatkan Prabowo untuk menghadiri pertemuan puncak formula perdamaian yang diadakan di Swiss terhadap bulan-bulan mendatang. “Di Indonesia terhadap 2022 saya mengemukakan formula perdamaian,” kata Zelensky merujuk terhadap 10 poin konsep perdamaian yang pertama kali ia sampaikan terhadap KTT G20 di Bali, Indonesia, terhadap November 2022.

Indonesia mempunyai potensi peran untuk mengimplementasikan poin-poin formula perdamaian berkenaan ketahanan pangan dan keamanan nuklir, dan juga pertukaran tahanan, kata Zelensky. “Sekarang kami tengah buat persiapan KTT perdamaian perdana, dan partisipasi Indonesia di dalamnya terhadap dasarnya mutlak bagi kami. Saya sudah mengakibatkan mereka untuk join di dalam KTT berikut dan mengimplementasikan poin-poin berkenaan keamanan pangan dan nuklir, dan juga pertukaran tawanan perang,” Presiden Ukraina menyimpulkan.

Proposal Damai Rusia Ukraina

Prabowo Subianto sebagai menteri pertahanan Indonesia dulu mengusulkan solusi damai untuk konflik dua negara Eropa, Rusia dan Ukraina. Solusi berikut lantas dikenal bersama dengan Proposal Damai Rusia Ukraina diajukan di dalam Dialog Shangri-La di Singapura, Juni 2023. Dalam usulan tersebut, terkandung empat poin utama yang disampaikan oleh Prabowo. Berikut empat isikan usulan Prabowo di dalam proposal damai:

  1. Rusia dan Ukraina melakukan gencatan senjata di titik-titik konflik.
  2. Rusia dan Ukraina menarik mundur pasukan sejauh 15 kilometer untuk menciptakan zona demiliterisasi.
  3. Pengutusan pasukan pemantauan perdamaian dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
  4. PBB segera menyelenggarakan referendum di wilayah-wilayah konflik yang disebut terhitung bersama dengan ‘daerah sengketa’.

Respon Ukraina terhadap Usulan Prabowo

Usulan Proposal Damai yang disampaikan oleh Prabowo segera mendapat respons dari Menteri Pertahanan Ukraina, Oleksii Reznikov. Dilansir dari Tempo, terhadap 2 Juni 2023 lantas Menteri Pertahanan Ukraina menampik mentah-mentah usulan yang diajukan oleh Prabowo. Menurutnya, usulan untuk mengakhiri konflik Rusia-Ukraina berikut “aneh” dan berujung bersama dengan tegas menolaknya.

“Kedengarannya ini layaknya konsep Rusia, bukan konsep Indonesia. Kami tidak memerlukan mediator ini mampir kepada kami (dengan) konsep aneh ini,” ucap Reznikov dikutip dari Ukrinform.net.

Di segi lain, Juru berbicara luar negeri Ukraina, Oleg Nikolenko, terhitung menampik konsep dan usulan dari Prabowo tersebut. Dia menyatakan Rusia lah yang selayaknya menarik pasukan dari daerah teritorial Ukraina. Selain itu, Nikolenko terhitung menyatakan Rusia sudah melakukan tindakan agresi dan mendiami teritorial Ukraina. Jadi, permintaan gencatan senjata hanya dapat memberi peluang pasukan Rusia untuk ulang memperkuat diri.